Kamis, 26 Januari 2017

Manfaat Kimchi

Anda tentu mengenal kimchi. Ya, makanan satu ini adalah makanan wajib bagi orang Korea atau para penggemar Korea. Kimchi adalah makanan tradisional khas Korea yang biasanya digunakan untuk pelengkap pada saat makan. Kimchi terbuat dari sayuran yang difermentasikan, biasanya terbuat dari lobak, sawi putih, kubis, ketimun dan lain sebagainya. Kimchi memiliki rasa asin, asam, pedas sehingga di Indonesia disamakan dengan acar. Menurut Health Magazine, kimchi termasuk dalam salah satu makanan tersehat di dunia. Bahkan para ahli pun menyetujuinya.

Ada satu kasus dimana kimchi menjadi bukti rahasia sehat orang Korea, yaitu pada sebuah kasus di tahun 2003. Pada tahun tersebut wabah SARS menyerang Asia, namun Korea menjadi negara yang aman dari penyakit mematikan tersebut. Jikapun ada warga Korea yang terserang wabah ini, maka ia akan lebih cepat untuk sembuh. Hal ini diduga karena kebiasan masyarakat Korea memakan kimchi. Tentu ini menjadi bukti bahwa kimchi memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh. Apa sajakah manfaat kimchi untuk tubuh? Berikut akan diulas mengenai manfaat kimchi untuk tubuh.

1. Kimchi dapat membangkitkan selera makan

Bagi orang Korea, kimchi merupakan makanan pembuka untuk membangkitkan selera makan. Ibarat kata, kimchi seperti salad jika kita membandingkan dengan makanan barat.

2. Kimchi membantu menjaga kesehatan pencernaan

Selain mengandung kalori yang rendah kimchi juga mengandung serat tinggi. Hal ini tentu akan membantu organ pencernaan untuk menyerap makanan sehingga lebih mudah dan lebih cepat. Kimchi juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit umum dan sangat baik bagi menjaga kesehatan tubuh.

3. Sumber probiotik

Karena kimchi diolah melalui cara fermentasi, maka kimchi memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Kandungan probiotik ini membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan membantu melawan semua infeksi. Selain itu kimchi juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu untuk memperlancar aliran darah dan meningkatkan sistem imun tubuh dan juga meningkat pertumbuhan otot.

4. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi kimchi secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena bahan yang digunakan dalam pembuatan kimchi adalah kubis dan juga bawang putih. Kedua bahan makanan ini mengandung allicin dan selenium. Kedua zat ini berfungsi sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam tubuh anda agar tetap rendah dan berfungsi untuk mencegah penyumbatan lemak pada dinding arteri atau pembuluh darah.

5. Membantu mendapatkan berat badan ideal

Anda heran mengapa badan wanita korea terlihat langsing dan tidak terlalu gemuk? Itu karena mereka terbiasa mengonsumsi kimchi. Dalam kimchi terdapat bakteri baik yang bernama Lactobacillus yang berfungsi untuk menekan nafsu makan dan membantu menurunkan kadar gula darah. Jadi kimchi menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing. Selain itu kimchi memiliki serat tinggi yang membuat kita kenyang lebih lama.:

6. Kaya akan antioksidan

Antioksidan dalam kimchi menjaga tubuh kita dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak kesehatan tubuh kita. Bahan-bahan seperti jahe, merica dan bawang putih membantu sistem imun dalam tubuh untuk mencegah masuknya penyakit. Selain itu membantu tubuh menjadi hangat dan mencegah penyakit flu untuk masuk dan menyerang tubuh.


7. Melawan kanker

Kimchi menjadi makanan yang dipercaya bisa melawan kanker. Itu karena kimchi memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker. Jadi kimchi memiliki peranan dalam memerangi penyakit kanker dalam tubuh.


Demikian manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mengonsumsi kimchi. Begitu banyaknya manfaat yang bisa diraih hanya dengan mengonsumsi kimchi. Namun dibalik semua manfaat itu kita perlu mengetahui apa saja kandungan dalam kimchi sehingga membuat kimchi menjadi salah satu makanan tersehat di dunia. Baiklah mari kita tengok apa saja kandungan yang terdapat dalam kimchi.

Dalam kimchi terdapat serat yang tinggi dan kalori yang rendah.
Selain itu terdapat kandungan bakteri baik yaitu bakteri lactobacillus yang berfungi untuk organ pencernaan.
Juga terdapat kandungan vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), vitamin C, kalsium, dan zat besi.
Dalam kimchi juga ditemukan allicin dan selenium yang berfungsi untuk mengontrol kolesterol tinggi dalam darah.
Dengan begitu banyaknya kandungan yang terdapat pada kimchi maka wajar saja jika kimchi menjadi makanan yang sehat untuk dikonsumsi dan memberikan manfaat untuk menyehatkan badan. Selain itu rasa kimchi yang enak membuat lidah senang untuk mengonsumsi kimchi setiap hari. Namun walaupun kimchi terbukti menyehatkan, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kimchi berlebihan. Makanlah kimchi secukupnya karena semua hal yang berlebihan itu sangatlah tidak baik untuk tubuh. Demikian artikel tentang manfaat kimchi,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar